1,5 Tahun Kuliah

Kuliah. Mungkin yang dipikirin anak SMA baru lulus, kuliah itu enak. Kuliah tuh nyantai, mata kuliah sedikit, dan banyak istirahatnya. Oke, ini secara sekilas emang bener banget. Tapi, walaupun gitu, anak-anak yang baru masuk kuliah mungkin harus banyak beradaptasi dan bahkan gak sedikit yg ngeluh. "Why mengeluh?" Oke, bakal aku jelasin.
Nggak kerasa sekarang aku udah mau naik ke semester 4. Artinya, aku udah berhasil melewati 3 semester. Sebenarnya, belum full aku kelarin semester 3 sekarang ini, karena masih selangkah lagi harus ngelewatin masa semester ini. Tapi gak apa-apa kali ya kalau aku nyebutin udah berhasil lewatin 3 semester. Hehe...Kuliah 1,5 tahun itu kerasa banget, kerasa cepetnya. Perasaan baru aja kemarin masuk, punya temen baru, lingkungan baru, dll. Eh, udah mau kelewat 3 semester aja. Nanti tau-tau udah semseter 6. Hmm, begitulah waktu yg kian kemari semakin cepat berlalunya. Ya, mungkin kerasa cepet karena banyak banget kegiatan mulai dari tugas, praktikum, yang harus pergi  ke lahan-lah, yang kunjungan lah, yg begadang tugas di kost temenlah, yang harus rapat dan latihan ukm lah, dan sebagainya. 
Kali ini aku bakal ngerangkum sedikit apa aja yang terjadi di perkuliahanku selama 1,5 tahun ini. Keluh kesahnya, suka citanya, dan plus minusnya. Oh, ya btw sebelum ngerangkum,nih mau kasih tau aja, sekarang aku kuliah di Sekolah Vokasi IPB (tadinya Diploma) IPB dengan Program Keahlian Manajemen Agribisnis
  • Kampus dan Program Keahlian Manajemen Agribisnis 
Sebenarnya awal milih jurusan ini tuh bingung antara iya atau gak nempatin dipilihan pertama. Yaps, pada akhirnya aku diterima dipilihan pertama dari 3 jurusan yang aku pilih. Sejujurnya keputusan buat nempatin jurusan MAB dipilihan pertama itu cuma karena tertarik sama kata2 "Manajemen" dan "Bisnis"-nya aja (jangan ditiru yaa gengs). Aku punya cita-cita sebagai seorang pengusaha muda. Passionku di seni dan teknologi, tapi aku juga punya hobi di tanaman. Sampai saat ini aku juga masih bingung why I decided to choose Agribusiness Management. Sebelum milih ini dipertama, yang pasti aku cari tahu dulu sekiranya mata kuliah apa yang bakal aku jalanin. The first i think and i do ketika ngeliat matkulnya adalah milih yang  sekiranya gak bakal banyak ketemu matematika! (Karena aku adalah tipe orang yang bego di matematika). Aku tertarik sama yang namanya pertanian, tapi maunya praktik langsung turun ke lapangan. Ini nih yg dipikiranku waktu itu, cuma ini! Mikirnya seneng-senengnya doang bakal main air, kotor-kotoran, dan karena bisnis adalah awal dari semua cita-cita makannya aku nempatin MAB di pertama. Mikirnya ya bisnis dan praktik ke lapangan. 
First impression when I meet dengan matkul yang ada di mab adalah gak sesusah mata pelajaran di SMA. Eitss...bukan berarti matkulnya gampang yaa. Makin kesini makin susah dan makin sulit dimengerti, kok matkulnya 😓😓😓.  Alhasil karena dari awal agak ragu milih jurusan, ya kadang keluhannya banyak. Dari yang ngeluh susahnya itungan ekonomi lah, susahnya matkul mab lah (padahal matkul pk sendiri), susah inilah, susah itulah. Emang ya aku orang yang banyak ngeluhnya. Bahkan setiap ngeluh ke adik selalu dibilang "minta di tampol nih mbak arni, kurang bersyukurnya, banyak ngeluhnya!" hehe...wajar lah ya manusiawi. I trust gak cuma aku yang ngerasain ini. Inilah yang selalu aku sebut dengan siklus capekannya orang kuliah, jenuhnya orang kuliah.
Kadang aku juga ngerasa khilaf ketika ngeluh kuliah. Ngerasa dosa banget sama Allah, ngerasa kurang bersyukur. Soalnya keputusan ambil jurusan ini adalah keputusanku, keputusan untuk kuliah di IPB adalah keputusanku, dan keputusan buat ngerantau jauh adalah keputusanku. Inget banget waktu SMA doanya kenceng pagi, siang, malam buat diterima di IPB, tapi pas udah keterima malah  begini. Astaghfirullah...jangan ditiru yaa. Ketika ngerasa susah dan capek, sekarang aku mulai belajar dan berusaha buat gak banyak ngeluh dan banyak berusaha untuk selalu bersyukur. Temen-temen yang baca ini jangan ditiru yaa, inget apa yang udah dikasih Allah ke kita harus disyukuri. Jalani aja dengan ikhlas. Inget aja Allah sebelum ngeluh. Intinya tetep usahain jangan ngeluh. Ketika kamu milih sesuatu dari awal untuk dijalani, maka kamu juga harus mengakhirinya. Itulah prinsipku sekarang. Tetep semangat raih cita-cita gengss...Minta doanya buat aku supaya cita-citaku terkabul. Aamiin...and don't forget the magic word : Ikhlas, ikhlas, ikhlas.
  • Kelas Matrikulasi, Kelas Semester 1-3
Berhubung alhamdulillah aku diterima lewat jalur USMI (jalur undangan), aku harus mengikuti kegiatan yang disebut matrikulasi.  Kelas matrikulasi aku ikuti lebih awal. Ketika temen-temen yang lain masih pada liburan, masih pada test perguruan tinggi, alhamdulillah aku udah masuk kuliah duluan😇. Di kelas matrikulasi ini aku kedapetan masuk di kelas A2 dengan matkul ekonomi umum dan matematika bisnis. Jujur ini matkul dasar banget, lebih susah matematika SMA, ekonominya pun alhamdulillah udah ada yang aku pelajari waktu ambil kelas lintas minat di SMA. Pertama masuk kuliah, rasanya deg-degan, takut. Ngeliat anak-anaknya aja udah minder duluan, udah kuatir gak bisa ngikutin mata kuliah, kuatir gak bisa ngejar matkul, kuatir gak paham2😢😢😢 . Kelas diisinya sama anak-anak pinter. Cuma yang bikin heran adalah kebanyakan yang pinter adalah anak cowok. Di kelas praktikum A2 aja udah ada Ardian sang juru bicara dan matematika (mapresnya mab,nih!), ada andra sosok misterius yang jago matematika, punya muka datar, tapi sekarang sifatnya udah berubah drastis brayy...sekarang udah pinter ngomong depan umum, udah gak muka datar lagi,deh!, ada fauzan cowok pendiam yang ternyata pinter juga, cuma gak keliatan pinternya kalau dari depan, ada adit, adam bayu, dan cowok-cowok A2 lainnya. Mereka yang aku sebutin adalah segerombolan teman main yang tingkat IQ-nya mungkin gak jauh beda, begitupun mereka yang gak aku sebutin disini. Kelas kalau udah digabung sama yg praktikum A1, duh...nambah lagi deh mindernya, cowoknya pinter2. Kalau di A1 ada segerombolan cowok yang selalu duduk berjejeran sebaris, dan itu semua adalah anak-anak pintar. Ada Benny (anak kesayangan Pak Rasidin dan Bu Intan), Abi, Huda, Difa, dan Atta. Semuanya pinter dah. Kalau ceweknya mah gak terlalu keliatan. Mungkin yang keliatan sering maju ke depan kelas ada Tri (sohib dari matrikulasi sampai sekarang, sohib tergila,nih!), terus ada anin dan kawan-kawannya. Oke, untuk kelas matrikulasi mungkin gak bisa cerita banyak2. Intinya di kelas ini aku menemukan temen baru yang alhamdulillah masih terjalin hubungan pertemanan kita sampai sekarang (Ada Tri, Ayu, Dinda, Antika, Ulfa, dan Cindy), di kelas matrikulasi ini juga diriku berubah untuk rajin belajar hingga alhamdulillah lulus matrikulasi dengan nilai A.
Lanjut kelas semester 1,kedapetan kelas A2 lagi,nih. Di semester ini bagiku kelasnya gak terlalu berkesan. Why?? karena sampai akhir semesterpun aku belum ngerasa ada kedekatan di antara semuanya. Masih keliatan main berkelompoknya. Mungkin karena baru awal banget kali yaa..masih masa-masanya beradaptasi, akupun masih ngerasa dalam proses beradaptasi di semester ini. Untuk semester ini aku menemukan teman dekat lagi, ada Rinjani (ini mah temen dari matrikulasi sampai semster 3, ibu kadiv ekokraf yg sekarang sibuk), Cemong (temen super rempong, ahlinya bermake-up, dan jabatannya sekarang di organisasi adalah menteri keuangan), Tesa (anak yang gak pernah bisa lepas dari Rinjani, cita-citanya adalah nikah muda), dan terakhir ada Halimah (temen misterius, yang sukanya menyimpan masalah tapi gak pernah mau ngomong dan suka ngehindar kalau udah ditanya problemnya) wkwk.

Semester 2, alhamdulillah dapet kelas D2. Semester 2 ini aku merasakan suatu hal yang beda, aku merasakan diriku mulai terbuka di semester ini. Ditambah kelasnya diisi dengan orang-orang yang menurutku mereka adalah orang-orang the best deh. Ada Dinda dan Rinjani, mereka berdua adalah orang-orang yang telah mengenalku sejak matrikulasi. Kita temen deket juga dari awal kuliah. Kemudian ada Boby (anak Semarang yang hobby dangdutan di kelas, tapi pinternya luar biasa. Anak yg menurutku kurang bersyukur pas dapet nilai 6 ataupun 7, padahal banyak anak yang nilaiya di bawah dia 😔), ada Galih (cewek yang penampilannya kadang tomboy, tapi jiwanya feminim lohh, anak rajin dan disiplin, kadang dikira cowok sama dosen ataupun asdos karena namanya), ada Benny (cowok pinter yang pernah satu kelas matrikulasi, anaknya ngeselin kalau udah nanya di kelas (apalagi pas matkul sosbis), pinter ngomong (pernah jadi crew-nya Green TV), sekarang dia udah pindah STAN. Wihh..sukses bro!), dan ada Shafa, Dyah, Muti (cewek cantik yang cerewet, selalu duduk di belakang pojok, di bawah AC, tapi mereka pinter), dan teman-temen lainnya yang the best juga. Awalnya sedih pas pisah dari mereka di semester 3, because I love with this class, aku suka sama kekeluargaan di kelas ini💕💕💕

Semester 3, kelas D2 again, semester yang dipenuhi dengan kesibukan yang hmm....seperti itulah. Kelas yang menurutku dipenuhi dengan karakter orang-orang yang berbeda, kelas yang diisi dengan anak-anak yang suka cabut kelas semenjak UTS. Mungkin mereka mulai lelah dengan semester ini. But, diakhir semester aku mulai menyukai kelas ini. Semester yang dipenuhi dengan tugas mandiri, tugas kelompok, kunjungan, dan praktikum. Semester yang diisi dengan begadang, bahkan susah untuk membagi waktu dengan kegiatan lainnya di luar kuliah. Anak-anak kelas yang gila dengan sifatnya yang kocak, yang sindir-sindiran foto di grup, yang gak pernah ikut ngerjain tugas kelompok (ini nih situasi yang sering bikin aku emosi karena capek ngerjain tugas sendirian), dan lain sebagainya. Ada Tri, Rinjani, Shafa (udah kukenalkan mereka di paragraf sebelumnya, mereka bertiga temen terdekat di kelas, so gak usah diceritain lagi bagaimananya mereka). Ada Mbak Pudji (anaknya kecil kaya aku, suka gelawak, cara bicaranya dan sikapnya sering orang bikin ketawa, cuma sekalinya dia diam orang2 pada bingung dan takut wkwk), ada Indri (cewek pinter yang kadang malasan, kadang rajinan. Demen banget yang namanya pedes. Betawinya keliatan banget kalau udah nyindir orang, tapi anaknya baik banget kok), ada Arif (cowok yang super duper cerewet, kadang ngeselin, temen kelompok mab yg gokil, pasangan duetnya mbak pudji wkwk yg selalu ngehibur pas begadang ngerjain mab), ada Wisnu (cowok yang selalu curhat masalah cewek, kost-nya adalah basecamp kami untuk ngerjain mab, mantannya cantik2 semua, arab face, gak ngerti juga kenapa pada mau sama wisnu wkwkwk)😄😄😄, ada Iqsan (cowok perasa yang sering ngerasa gak enakan, yang suka dikerjain sama Rinjani, satu kelompok TB Tanaman, suka nge-pc kalau ada tugas, gak mau keluar di grup. Mungkin prinsip dia nge-pc adalah cara terbaik untuk bantuin temennya ngerjain tugas wkwk). Semester 3 ini menurutku kebanyakan diisi dengan orang-orang gokil. Yang kadang aku juga gak ngerti sama sifat mereka. Temen-temen di semester 3 ini gak jauh beda sama temen-temen di semester 2. Bedanya temen semester 3 lebih santai dan gak terlalu serius.  l ike with this class💕💕💕

  • Tugas, Praktikum, IP, Absensi, dan Manajemen Waktu
Seperti yang sudah dibahas sedikit di preambul postingan, kuliah itu matkulnya dikit tapi tugasnya banyak. Ini fakta. Kadang tugas yang sedikit keliatan banyak, karena tingkat kesulitannya itu lohh. Dan menurut pandanganku, mahasiswa suka dengan praktikum tapi benci dengan laporannya. Aku sebenernya gak benci sama laporannya, tapi kenapa laporannya gak ditiadakan aja,ya ? Waktu yang paling pas buat ngerjain laporan adalah sehari sebelum praktikum selanjutnnya. Bahkan, temen aku ada yang ngerjain 3 jam, nggak, bahkan 1 jam sebelum praktikum. Itu udah kayak deathmatch dimana kita lagi ngelawan Nemesis tapi shotgunnya tinggal 3 peluru terus darah kita tinggal seperempat lagi. Sekali gesek, kelar idup.
Setelah tugas, praktikum, dan masa perkuliahan selesai, datanglah big boss bernama UTS dan UAS. UTS dan UAS ini menjadi faktor besar dalam lulus atau tidaknya kita pada satu mata kuliah. Di IPB, gak bakalan ada yang namanya remedial nilai kayak di SMA. Kalo jelek, yaudah jelek aja. Kalo dapet E, yaudah ngulang aja, gak bakal bisa ngemis-ngemis ke dosen minta nilai A. Sungguh menantang. UTS dan UAS ini juga menjadi penentu indeks prestasi yang didapet. Tapi santai aja, tips buat UTS dan UAS itu mudah aja yaitu : BELAJAR !
Ngomong-ngomong masalah IP, benda tersebut sangat sensitif di dunia mahasiswa. Kamu harus berhati-hati kalo nanya masalah hal ini ke temen , apalagi ke temen kamu yang IPnya kurang bagus. Soalnya pertanyaan kamu bisa aja membuat hatinya berkeping-keping. IP  memang penting, tapi ini bukanlah yang utama bro and sist. Jadikan IP sebagai gambaran tanggung jawab kamu dalam berkuliah dan motivasi untuk memperbaiki kualitas belajar.
Oh iya, absensi juga adalah hal yang vital di kuliah. Kita gak boleh izin sembarangan karena perizinan sudah memiliki prosedur yang sangat rapih dan dilimitasi pada hal tertentu seperti jadi perwakilan kampus, sakit bersurat, saudara meninggal. Kalo di IPB, izin cuma boleh 3 kali kecuali saat responsi atau praktikum. Kehadiran mesti 100%++. Kuliah sebenernya juga kalo gak masuk harus ada suratnya, tapi seringkali teman-teman menganggap kuliah ada jatah 3 kali gak masuk. Trend di dunia perkuliahan juga ada yang namanya TA (Titip Absen). TA ini hanya dapat dilakukan pada kondisi dan situasi tertentu yaitu ketika dosen bodo amat dengan jumlah mahasiswa dan siapa aja yang masuk kelas alias gak ngecek satu-satu atau random mewakili. Tapi, sesungguhnya TA ini adalah perbuatan keji dan mungkar. Kenapa ? Karena uang kuliah sudah mahal, masa kita gak masuk, dan TA cuma buat yang mungkin nggak lebih penting dari masuk kelas ? (Maafkan kalo pernyataan tersebut sok bijak, tapi bisa divalidasi di pendidik terdekat).
Untuk dapet kualitas belajar dan hasil yang kece waktu kuliah, kamu juga harus lebih belajar memanage waktu. Kenapa ? Karena kuliah tuh gak seharusnya dibuat cuma jadi kupu-kupu (kuliah pulang kuadrat) ato juga kura-kura (kuliah rapat kuadrat). Semuanya kegitan dan proses akademis yang diikutin harus seimbang. Kalo kata Stephen Covey dalam bukunya 7 Habits of Highly Effective People, jadi manusia tuh harus proaktif dan bergerak pada lingkaran pengaruhnya. Artinya, kamu bebas mau ngapain aja dan mau ikutan apa aja sesuai minat tanpa ada intervensi dari orang lain, tapi semua yang km ikutin harus penting dan tidak mendesak. Jadi kamu bener-bener gak jadi deadliner dan semua well-planned. Super sekali. Intinya kuliah itu fun dan bisa jadi wadah buat mengeksplor diri lebih luas.
  •  Girls Squad and Sosialita Squad
Baca namanya mungkin yang terlintas di pikiran kalian awalnya kalau ini adalah sekumpulan geng cewek yang terkenal sifatnya yang ...... mungkin bisa ditebak. Eitss jangan salah ya...Kita ini BUKAN GENG ! Jadi, selama 1,5 tahun ini aku kuliah, aku punya temen deket yang mana aku kenal mereka dari matrikulasi. Girls Squad, ini adalah kumpulan temen deketku waktu matrikulasi. Kita cuma kumpulan temen biasa, kok. Girls Squad itu cuma nama grup di line dan wa aja. Karena bingung mau kasih nama apa, jadinya aku kasih nama Girls aja buat grup wa/line. Selanjutnya ada Sosialita Squad, ini adalah kumpulan temen deket yang berawal dari arisan di semester 2. Seperti girls suad, nama sosialita juga cuma nama guyonan untuk grup WA kita. Karena rencana awal kita adalah mengadakan arisan. So, grup ini gak ada maksud berlebih yang menjerumus ke sifat-sifat negatif. Kita adalah kumpulan cewek-cewek biasa yang menjalani aktivitas sama seperti kalian 😎😎😎. Wajar aja kan kalau di dunia perkuliahan pasti ada yang namanya temen deket sama gak. Sama seperti kalian. Temen-temen yang mengerti sifat aslimu, temen-temen yang bisa ngehibur kamu,menolongmu, dan lain sebagainya. Disini ada Dinda, Ayu, Antika, Ulfa, Cindy, Cemong, Rinjani, Tri, Tesa, Sifa, dan Bizniilah. Gak perlu menjelaskan karakter mereka masing-masing. Because I trust bahwa kalian pasti tahu gimana karakter2 temen deket kalian, pasti gak jauh beda.
  • UKM Genus
Genus adalah kepanjangan dari Gema Nusantara. Alasan aku ikut ini adalah karena ingin melanjutkan bakatku di bidang seni khususnya bidang seni tari. Aku ingin belajar seni tari sunda dan betawi melalui ukm ini, diluar basic asliku yaitu jawa. Alhamdulillah, semua itu sudah tercapai bahkan alhamdulillah diberikan kesempatan untuk show di berbagai event dengan tarian baru yang aku pelajari. Belajar tari sunda dan betawi itu sebenarnya gampang-gampang susah. Kalau kamu udah punya basic tari apapun itu daerahnya, InsyaAllah untuk mempelajari tarian barupun tidak terlalu susah. Yang berbeda hanyalah sikap gerakan tari dan pembawaan perasaan serta jiwa saja saat menarikannya. 





Berakhir disini cerita 1,5 tahun kuliah. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Tujuan aku cerita ini hanya ingin sharing saja. Ambil yang baik, buang yang buruk yaa. Oke bye !


No comments:

Post a Comment